ANALISIS TINGKAT EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PEMAHAMAN SISWAPADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 KUALA NAGAN RAYA

Syah Hadiid Thaariq, Reza Novi Yanda

Abstract


Abstrak : Efektifitas media pembelajaran audio visual terhadap pemahaman siswa kelas XI SMAN 1 Kuala. Tujuan penggunaannya adalah untuk mengetahui penggunaaan media audio visual terhadap pemahaman siswa. Siswa susah memahami materi pembelajaran dikarenakan guru tidak menggunakan media pembelajaran yang membuat siswa bisa memahami materi. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket, observasi dan tes. Yang menjadi tempat penelitian ini yaitu SMAN 1 Kuala. Hasil belajar siswa di kelas eksperimen mendapatkan rata-rata pada tes awal yaitu 66,12 dan mengalami peningkatan pada tes akhir dengan rata-rata 77,25. Sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh rata-rata tes awal yaitu 61,33 dan mengalami peningkatan pada tes akhir yaitu 63,6. Hasil uji-t terhadap penilaian tes awal diperoleh t-hitung < t-tabel (1,016 < 2,042) pada α = 0,05 yang berarti tidak terdapat perbedaan sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok berangkat dari kemampuan awal yang sama. Sedangkan hasil uji-t terhadap hasil tes akhir diperoleh t-hitung > t-tabel (21,06 > 2,042) pada α = 0,05 yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sesuai hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini. Pemahaman siswa kelas eksperimen lebih meningkat dari pada kelas kontrol.  Media pembelajaran audio visual lebih efektif digunakan dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sistem peredaran darah manusia kelas XI SMAN 1 Kuala.

 

Kata kunci : Media Audio Visual, Pemahaman, Sistem Peredaran Darah Manusia.


Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada Jakarta.

Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar.Bandung:CV. Yrama Widya.

Dalyono.2010. Psikologi pendidikan. Bandung: Rineka Cipta.

Darminto, Purwo. 2009. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Djamarah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2008, “Kamus Besar Bahasa Indonesia”, Gramedia Pustaka Indonesia.

Haryoko, Sapto. 2009. Efektifitas Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Alternatif Optimaisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi. Vol 5. No. 1. Hal: 1-10.

Irmaningtyas. 2014. Biologi SMA kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Purwanto,Ngalim. 2010. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Purwono, Joni. 2014. Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 2. No. 2. Hal 127-144.

Roestiyah N.K. 2009 . StrategiBelajarMengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sadirman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Safari. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktek Pengembangan KTSP,Jakarta: Kencana.

Sanaky. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Slameto. 2007. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka cipta.

Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakraya.

Sudijono, Annas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers

Sudjana, Nana. 2009. Media Pengajaran. Bandung: Algensindo.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Syah, Muhibin. 2007. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Winkel. 2009. Psikologi Pengajaran, Yogyakarta: Media Abadi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.