NILAI – NILAI KARAKTER BANGSA PADA NOVEL “RANAH 3 WARNA” DAN “RANTAU 1 MUARA” KARYA AHMAD FUADI SERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER

Lili Tansliova

Abstract


Abstrak ; Novel merupakan salah satu bentuk karya sastra yang sarat dengan nilai – nilai positif. Oleh karena itu kajian mengenai novel dapat dilakukan untuk menemukan nilai – nilai positif tersebut agar dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Tulisan ini mencoba untuk mendeskripsikan nilai – nilai karakter bangsa pada novel “Ranah 3 Warna” dan “Rantau 1 Muara” karya Ahmad Fuadi. Selain itu, tulisan ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara kedua novel tersebut serta mengetahui kontribusi yang dapat diberikan dari nilai – nilai karakter yang terdapat pada novel terhadap pendidikan karakter. Penulis menggunakan metode analisis deskriptif karena penulis berupaya mendeskripsikan nilai – nilai karakter bangsa yang terdapat pada kedua novel yang menjadi objek dalam penelitian ini. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat tujuh belas nilai karakter bangsa pada novel “Ranah 3 Warna” karya Ahmad Fuadi. Sedangkan pada novel “Rantau 1 Muara” karya Ahmad Fuadi memuat enam belas nilai karakter bangsa. Tiap – tiap nilai karakter bangsa yang terdapat pada kedua novel tersebut memiliki rincian wujud nilai karakter yang beragam. Kedua novel sama – sama menekankan pada nilai karakter religius, kerja keras, semangat kebangsaan dan cinta tanah air. Hasil penelitian juga membuktikan bahwa novel dapat memberikan kontribusi terhadap pendidikan karakter yang sedang diupayakan oleh dunia pendidikan Indonesia. Hal ini dikarenakan pendidikan karakter sesungguhnya membutuhkan keteladanan yang tidak hanya didapatkan dari orang – orang di sekitar peserta didik, melainkan juga dapat ditemukan pada karakter tokoh fiktif seperti pada novel.

 

Kata-kata kunci : Nilai karakter  bangsa,  Novel, Kontribusi, Pendidikan karakter.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Aziez, Furkqonul dan Abdul Hasim. 2010. Analisis Fiksi. Jakarta : Multi Kreasi Satudelapan.

Badudu, J.S. dan Sutan Muhammad Zain. 1994. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.

Faruk. 2003. Sosiologi Sastra. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Fithrati, Nurul. 2010. Membaca Naskah Sastra. Jakarta : Sketsa Aksara Lalitya.

Fuadi, A. 2011. Ranah 3 Warna. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

_______. 2013. Rantau 1 Muara. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Halomoan, Muhammad dan Luthfi Maulana Nasution. 2012. Mengembangkan dan Mengintegrasikan Nilai – nilai Pendidikan Karakter ke dalam Dokumen 1 dan 2 KTSP. Medan : La – Tansa Press.

Haryanta, Agung Tri. 2012. Kamus Kebahasaan dan Kesusatraan. Surakarta : Aksarra Sinergi Media.

Hawthorn, Jeremy. 1985. Studying the Novel. London : Edward Arnold Ltd.

Kosasih, E. 2008. Ketatabahasaan dan Kesusasteraan. Bandung : Yrama Widya.

Luxemburg, Jan Van dkk. 1989. Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Moleong, Lexy J. 2010 . Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.