PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIFAT SIFAT BENDA KELAS III SD NEGERI SUAK PANDAN KECAMATAN SAMATIGA KABUPATEN ACEH BARAT

Fetro Dola Syamsu, . Rahmiyani

Abstract


Abstrak: Tujuan dilakukan penelitian  ini  adalah untuk  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  pada  mata  pelajaran IPA  materi  sifat-sifat  benda  kelas  III  SD  Negeri  Suak  Pandan melalui penerapan  model  pembelajaran  kooperatif  Numbered  Heads  Together (  NHT). Pendekatan  penelitian  ini  menggunakan  Pendekatan  penelitian  Kualitatif. Jenis  penelitian ini  Penelitian  Tindakan  Kelas-(PTK), Waktu  Penelitian  pada  bulan  Agustus  2017  di  SD  Negeri  Suak  Pandan  Kecamatan  Samatiga  Kabupaten  Aceh  Barat   Tahun  Ajaran  2017 / 2018  pada  semester  ganjil. Subjek  dalam  penelitian  berjumlah  9  orang  yang  terdiri  dari  3  laki-laki  dan  6  perempuan.  Instrumen  dalam  penelitian  ini terdiri:  lembar  tes  dan  lembar  observasi. Teknik  pengumpulan  datanya seperti : Observasi, dan  tes.  Teknik  analisis  data  dalam  penelitian  ini  Persentase. Kesimpulan  dari  pembahasan ini  adalah  Numbered  Heads  Together  adalah  suatu  metode  belajar  dimana  setiap  siswa  nomor  kemudian  dibuat  suatu  kelompok   secara  acak  guru  memanggil  nomor  dari  siswa. Hasil belajar adalah  perubahan  perilaku  peserta didik  belajar. Berdasarkan  hasil  penelitian  penerapan  model  pembelajaran  kooperatif  Numbered  Heads  Together ( NHT )  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  pada  mata  pelajaran  IPA  materi  sifat-sifat  benda  kelas  III  SD  Negeri  Suak  Pandan  dapat  meningkatkan  hasil  belajar  dalam  pelajaran IPA, hal  ini  ditunjukkan  bahwa  siswa  tertarik  dengan  model  pembelajaran  Numbered  Heads  Together ( NHT) sehingga  mereka  senang  dalam  belajar.

 

Kata-kata kunci: Model  Pembelajaran  Numbered  Heads  Together ( NHT),  Hasil  Belajar.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.