PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION

Rufa Hera

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Group Investigation terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri I Kuala Kabupaten Nagan Raya. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan Jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun yang menjadi lokasi penelitian ini adalah SMA Negeri I Kuala Kabupaten Nagan Raya dilakukan pada tanggal 28 agustus 2017 sampai dengan selesai pada semester ganjil tahun ajaran 2017. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Mia 2 berjumlah 22 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas dan tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus presentase . Berdasarkan hasil penelitian pada tahap pra tindakan hanya 1 orang siswa atau 4,5% siswa yang tuntas dengan nilai rata – rata keseluruhan siswa adalah 37,2. Pada siklus I, ada 7 siswa atau 31,8% yang mengalami ketuntasan belajar dengan nilai rata – rata keseluruhan siswa adalah 62,2. Pada siklus II, 20 siswa atau 90,9% telah mencapai ketuntasan dengan nilai rata – rata siswa adalah 82,7. Hasil pengamatan observasi aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I termasuk dalam kategori cukup aktif, dan mengalami perubahan pada siklus II, yaitu dalam katergori aktif. Dengan demikian, nilai rata – rata terjadi peningkatan ketuntasan belajar biologi dari siklus I ke siklus II yaitu : 20,5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Keanekaragaman makhluk hidup pada kelas X SMA Negeri I Kuala Kabupaten Nagan Raya.

 

Kata-kata kunci: Peningkatan, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Group Investigation, Keanekaragaman makhluk hidup.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.