PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP PEMISAHAN CAMPURAN DENGAN METODE SUBLIMASI MELALUI EKSPERIMEN SEDERHANA

Authors

  • Juwairiah STKIP Bina Bangsa Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.61290/bio.v8i1.279

Keywords:

pemahaman dan hasil belajar, pemisahan campuran, sublimasi

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa
pada mata pelajaran IPA khususnya pada konsep pemisahan campuran dengan
metode sublimasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan hasil
belajar siswa pada konsep pemisahan campuran dengan metode sublimasi melalui
eksperimen sederhana. Manfaat Penelitian yaitu untuk memberikan sumbang pemikiran
dalam melakukan inovasi pembelajaran dari teacher centered ke student centered.
Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimanakah
pelaksanaan metode eksperimen dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar
siswa pada konsep pemisahan campuran dengan metode sublimasi? 2) Apakah
dengan mengunakan metode eksperimen dapat meningkatkan pemahaman dan hasil
belajar siswa pada konsep pemisahan campuran dengan metode sublimasi ?. Penelitian
tindakan kelas dilakukan melalui 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan,
observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian di dapat bahwa pembelajaran
sebelum menggunakan metode eksperimen nilai rata-rata kelas hanya 57,6 dengan
ketuntasan belajar 35 % , setelah mengunakan metode eksperimen yaitu pada siklus I nilai
rata-rata kelas mencapai 65,4 sehingga pada siklus I meningkat prosentase
ketuntasan belajar klasikalnya menjadi 57 %, Sedangkan pada siklus II terjadi
peningkatan nilai rata-rata kelas dari 65 menjadi 80 dan persentase belajar klasikal 50 %
menjadi 90 %. Jadi penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar
peserta didik pada konsep pemisahan campuran dengan metode sublimasi

Downloads

Published

2023-05-20