TINGKAT LITERASI DIGITAL SISWA DITINJAU DARI PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI MOBILE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA SISWA MENGENGAH ATAS (SMA) KECAMATAN KUALA NAGAN RAYA

Authors

  • Rita Oktavia STKIP Bina Bangsa Meulaboh

DOI:

https://doi.org/10.61290/bio.v8i2.204

Keywords:

Literasi Digital, Internet, Multimedia, Teknologi Informasi.

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat literasi digital siswa ditinjau dari penggunaan
teknologi informasi sebagai mobile learning dalam pembelajaran biologi. Selain itu sebagai data base
informasi apakah yang menjadi kendala pengemabangan literasi digital pada siswa mengengah atas (SMA)
kecamatan kuala. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisa data
menggunakan statistika deskriptif dengan tahapan modifikasi metode. Penyajian data dibuat dalam bentuk
tabel nilai-nilai statistiknya, sedangkan patokan penilaian menggunakan Penilaian Acuan Patokan atau PAP
Tipe II. Hasil diperoleh pada SMA N 1 Kuala tingkat literasi digital siswa masuk kategori penilaian rendah
pada 35,5%. Sedangkan pada SMA N 3 Kuala tingkat literasi siswa masuk kategori penilaian Cukup 51,7%.
Dapat disimpulkan bahwa kategori penilaian tingkat literasi digital siswa Rendah pada SMA N 1 Kuala.
Sedangkan pada SMA N 3 Kuala kategori penilaian tingkat literasi digital siswa Cukup. Menunjukkan
bahwa penerapan disekolah terkait multimedia dan penggunaan teknologi informasi masih kurang diterapkan
oleh tenaga pendidik. Selain itu, penerapan literasi digital diluar sekolah belum dikembangkan atau
diterapkan oleh siswa dengan baik sebagai mobile learning.

Downloads

Published

2023-05-15