ANALISIS INVENTARISASI ALAT DAN BAHAN LABORATORIUM BIOLOGI DI SMA NEGERI KABUPATEN ACEH BARAT

Fetro Dola Syamsu, Syah haadit Thariiq

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian sarana dan prasarana laboratorium biologi di SMA Negeri di Aceh Barat dengan ketetapan standar laboratorium Biologi oleh Permendiknas No.24 Tahun 2007. Teknik pengambilan data pada penelitian yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan angket. Penelitian ini dianalisis secara deskriptif. Dalam penelitian ini sampel dipilih dengan teknik porposif sampling yaitu sekolah yang telah terakreditasi A (SMAN 1,2 dan 3 Meulaboh). Dari ketiga sekolah yang telah diobservasi 60% (cukup baik) SMA Negeri di Aceh barat telah menyusun kegiatan praktikum dalam jadwal praktikum per semester, 65 % (Cukup Baik) telah menggunakan form peminjaman alat, 33 % (Kurang Baik)  telah melakukan inventarisasi alat dan bahan per tahun,  40 % (Kurang baik) dilengkapi dengan form berita acara penggunaan laboratorium, 33% (Kurang baik) telah menggunakan struktur organisasi laboratorium, 33 % (Kurang baik) telah memiliki tata tertip labor, 45 % (Kurang Baik) memiliki lemari penyimpanan alat yang memadai, 45 % (Kurang Baik) memiliki meja dan kursi sesuai dengan anjuran, 40 % (Kurang Baik) memiliki buku penuntun praktikum yang sesuai standar buku penuntun,  rata-rata kelengkapan alat praktikum biologi 80% (Sangat baik) dan bahan praktikum sebanyak 85 % (Sangat baik).


Full Text:

PDF

References


Afreni hamidah, Novita Sari, R. S. B. (2013) ‘Manajemen Laboratorium Biologi Beberapa SMA Swasta di Kota Jambi’, Jurnal Sainmatika, 7(1), pp. 1–10.

Hudha, A. M. (2002) ‘Analisis Pengelolaan Praktikum Biologi’, Analisis Pengelolaan Praktikum Biologi Di Laboratorium Biologi Universitas Muhammadiyah Malang Atok, pp. 37–51.

Kebutuhan, A., Kelola, T. and Laksana, T. (2014) ‘Laboratorium Ipa SMP Di Kabupaten Buleleng Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Indonesia’, Laboratorium IPA SMP Di Kabupaten Buleleng Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Indonesia, 3(2), pp. 446–459.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.